Berbagai Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

rempah yang banyak di temui di negeri tercinta kita Indonesia Berbagai Manfaat Kencur Untuk Kesehatan
Manfaat Kencur, kencur yang mempunyai nama latin kaempferia galanga, merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak di temui di negeri tercinta kita Indonesia. Namun bentuk kencur yang hampir menyerupai dengan rempah lainnya menyerupai jahe dan lengkuas ini akan sulit di bedakan jikalau mereka yang melihat jarang memasak atau menyentuh dapur. Kencur mungkin sangat bermanfaat sebagai bumbu masak sehari hari, namun ternyata kencur juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Di bawah akan kita bahas bermacam-macam manfaat kencur bagi kesehatan kita.

Kencur merupakan tumbuhan yang masuk kedalam golongan tumbuhan akar-akaran. Kulit kencur sendiri berwarna coklat, dengan isi daging yang berwarna kuning pucat.

Jika di hirup, aroma kencur sangat kuat, dengan daging yang tidak banyak jikalau di bandingkan dengan jahe, namun lebih lembut. Tanaman kencur sendiri banyak tumbuh di alam yang beriklim tropis dan subtropis. Dan sudah niscaya yang beriklim menyerupai itu yakni wilayah Asia, sehingga kencur banyak di temukan di negara-negara menyerupai India, Malaysia, Thailand dan juga Indonesia. Apa saja manfaat yang sanggup kita sanggup dari kencur?

Untuk bumbu kuliner mungkin kita tidak usah bertanya lagi apa manfaat kencur, tetapi jikalau untuk kesehatan, mungkin kalian perlu tahu apa saja manfaat kencur bagi kesehatan. Mari kita lihat di bawah ini.


1. Manfaat Kencur Sebagai Obat Batuk

Kencur jikalau kita campur dengan garam maka jadilah kencur sebagai obat batuk berdahak, dan ini yakni ramuan tradisional yang memang sudah sangat di kenal. Dengan mengkonsumsinya, akan membantu melegakan pernapasan kalian yang terganggu alasannya batuk berdahak, dan akan meredakan batuk berdahak kalian lebih cepat.

Kencur juga banyak di konsumsi penyanyi, alasannya manfaat kencur salah satunya yakni menjaga kualitas pita suara, dan melegakan tenggorokan.


2. Manfaat Kencur Dalam Menghilangkan Stress

Dan ada sebuah penelitian yang telah dilakuan para peneliti dari Departemen Farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh yang menyampaikan bahwa ekstrak tumbuhan kencur dari rimpang/akar dan daunnya mempunyai sifat antidepresan bagi sistem saraf sentra yang akan memperlihatkan pengaruh sedatif atau menenangkan.

Baca Juga Manfaat Daun Seledri

Maka dari itu banyak orang menimbulkan kencur sebagai obat yang sanggup mengurangi pengaruh dari stres, cemas ,depresi, gelisah dan di serang rasa cemas. Meski demikian masih banyak penelitian yang di lakukan demi menemukan khasiat apa saja yang sanggup di sanggup dari kencur ini bagi kesehatan.


3. Manfaat Kencur Sebagai Obat Diare

Pada hasil penelitian lain di temukan bahwa kencur mempunyai kandungan zat sitotoksik dan anti kuman dalam jumlah yang besar. Dalam hal ini menimbulkan kencur sanggup menjadi obat diare. Untuk hal ini bekerjsama di Indonesia sendiri memang sudah dari dulu kencur di jadikan obat diare, sehingga memang tidak abnormal kalau penelitian menemukan kedua zat di atas tersebut.


4. Kencur Sebagai Bahan Utama Jamu

Untuk penduduk Indonesia jamu merupakan minuman tradisional yang bekerjasama dengan kesehatan. Dan jamu juga memang menggunakan kencur sebagai materi utamanya, untuk jamu pabrikan maupun jamu rumahan yang di buat oleh industri kecil rumah tangga. Minuman yang sering di perdagangkan oleh penjual jamu ini yakni minuman beras kencur yang berbahan dasar kencur, beras, gula merah dan asam jawa ini. Minuman beras kencur ini sendiri di yakini bermanfaat untuk mengatasi problem pencernaan, sesak nafas, sakit kepala, pilek dan sanggup menambah nafsu makan.


5. Bagian Tumbuhan Kencur Lainnya Yang Bermanfaat

Kita mungkin hanya tahu manfaat kencur di sanggup dari daging kencurnya saja. Ternyata tumbuhan ini mempunyai manfaat lain pada daunnya. Daun kencur ternyata sanggup mengatasi beberapa problem kesehatan yang cukup menggangu jikalau kita mengalaminya misalnya yakni rematik, bengkak, demam dan lain-lain, ini alasannya daun kencur yang mempunyai sifat anti radang.

Dan manfaat lain dari tumbuhan ini sanggup di sanggup dari akar kencur, akar kencur sendiri di yakini sanggup mengobati sakit gigi dan ketombe. Bukan hanya itu saja untuk kalian yang mengalami cidera otot maupun pembengkakan, sanggup menggunakan akar kencur ini sebagai obatnya. Caranya yakni dengan menumbuk akar kencur dengan segenggam beras sampai halus. Dan balurkan pada bab yang sakit atau bengkak.


Sangat bermanfaat bukan, kencur yang kita kenal hanya sebagai bumbu dapur, ternyata minyimpan segudang manfaat bagi kesehatan kita. Tidak ada salahnya jikalau kita mencobanya, alasannya untuk kita ketahui, obat herbal akan lebih di terima badan di bandingkan dengan obat yang berbahan dasar kimia, yang saya yakin mempunyai pengaruh samping, yang mungkin membahayakan badan kita sendiri. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel