Kebiasaan Orang Maluku, Moral Istiadat Dan Ciri Cirinya

 dan sudah niscaya mempunyai bermacam kebudayaan Kebiasaan Orang Maluku, Adat Istiadat Dan Ciri Cirinya

Kebiasaan Orang Maluku

Indonesia dengan ribuan pulau, dan sudah niscaya mempunyai bermacam kebudayaan. Menjadi salah satu kekayaan yang ada di Indonesia, yang mungkin tidak di miliki oleh negara-negara lain. Itulah lantaran Indonesia menjadi tujuan wisata bagi turis-turis aneh yang ingin melihat kekayan Indonesia dari segi keindahan pemandangannya dan dari segi keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Dengan tradisi yang khas yang di miliki aneka macam suku di Indonesia, tidak mengakibatkan Indonesia terpecah belah, melainkan mengakibatkan Indonesia lebih kaya kebudayan dengan bangsa lain. Contoh kebudayaan yang ada di Indonesia yaitu kebudayaan orang Maluku, orang Maluku di Indonesia mempunyai kebudayaan, ciri-ciri, dan kebiasaan, yang berbeda dengan kawasan lain di Indonesia. Kebiasaan orang maluku sudah niscaya berbeda dengan kebiasaan orang sunda, kebiasaan orang bali, maupun kebiasaan orang jawa di karenakan faktor wilayah, dan budaya masing masing.

 dan sudah niscaya mempunyai bermacam kebudayaan Kebiasaan Orang Maluku, Adat Istiadat Dan Ciri Cirinya
Kebiasaan Orang Maluku

​Kebiasaan orang Maluku yang mungkin di adakan ketika hari hari besar atau hari Istimewa yang jarang terjadi sanggup kalian lihat di bawah ini:

Makan Patita

Makan patita merupakan tradisi dari sekelompok masyarakat Maluku, dengan menyajikan sajian khas Maluku yang di antaranya yaitu patata rebus, ikan ashar, kokohu, singkong rebus, dan lain lain. Karena ini yaitu acara makan bersama maka setiap keluarga akan membawa menu-menu tersebut di atas, ke tempat di mana makan patita itu di laksanakan. Biasanya acara ini di lakukan untuk merayakan hari besar menyerupai HUT Republik Indonesia, dan hari-hari besar lainnya.

Malam Badendang

Badendang mempunyai arti berdansa atau bergoyang menari. Sama dengan acara makan patita, acara ini mempunyai tujuan merayakan hari istimewa, yang menjadi ajang membangun kebersamaan, dan lebih mempererat lagi tali persaudaraan. Biasanya para akseptor yang hadir akan menarikan tarian kawasan menyerupai orlapei dan katerji. Acara ini juga akan berlangsung seharian, semalam suntuk, dan di meriahkan juga dengan karoke dan makanan khas Maluku.

 dan sudah niscaya mempunyai bermacam kebudayaan Kebiasaan Orang Maluku, Adat Istiadat Dan Ciri Cirinya

Kedua kebiasaan orang Maluku di atas, sudah niscaya akan membawa kebahagiaan bagi masyarakatnya, dan lebih mempererat lagi kehidupan bermasyarakat mereka. Membuat masyarakat maluku lebih solid di maluku maupun di wilayah lain di Indonesia.

Ciri-Ciri Fisik Dari Orang Maluku

Dengan kegiatan sehari-hari orang maluku yang membutuhkan kekutan dan ketahanan tubuh, mengakibatkan fisik orang Maluku berbeda, lantaran mereka yaitu suku kepulauan sehingga kegiatan berenang, melaut dan berkebun sudah di lakukan semenjak zaman nenek moyang mereka. Sehingga ciri-ciri fisik mereka berbeda, berikut ciri-ciri fisik orang Maluku:
  • Pada umumnya orang Maluku mempunyai kulit hitam lantaran acara di bawah sinar matahari
  • Kebanyakan orang Maluku mempunyai rambut ikal
  • Rata-rata orang Maluku mempunyai badan dengan kerangka tulang yang besar serta kuat
  • Profil badan orang Maluku lebih atletis dibandingkan dengan suku-suku lain di Indonesia
Di bawah ini juga ada beberapa makanan khas orang Maluku yang terpelihara, semenjak jaman dahulu hingga sekarang.

 dan sudah niscaya mempunyai bermacam kebudayaan Kebiasaan Orang Maluku, Adat Istiadat Dan Ciri Cirinya

 MAKANAN KHAS MALUKU

1. SAGU TUMBUH

Makanan yang menjadi salah satu makanan tradisional, yang unik yang berasal dari maluku yaitu sagu tumbuh, yang berbahan dasar sagu. Makanan yang mempunyai materi bahan antara lain yaitu tepung sagu kering kenari dan gula merah ini di olah memakai cara yang tradisional juga, di tumbuk dalam lesung kayu. Makanan sagu tumbuh ini cukup populer di tingkat nasional bahkan internasiona, lantaran sukses mengikuti bazar tingkat nasional, dan bahkan mantan presiden SBY sempat memesan sagu tumbuh ini untuk menjamu tamu negara dari belanda.

2. BAGEA

Makanan khas lainnya dari maluku yaitu bagea, makanan yang berbahan dasar sagu ini, sudah ada semenjak ratusan tahun yang lalu, bahkan semenjak jaman kolonial belanda, dan tetap eksis hingga hari ini. Karena rasanya dan memang masyarakat maluku memelihara nilai nilai sejarah yang ada, sehingga kebudayan orisinil maluku sanggup tetap ada hingga ketika ini.

Bagea Sendiri Ada Beberapa Jenis Yaitu : 

1. Bagea Kenari
2. Bagea Kelapa
3. Bagea Gula

Sebagai pola tradisi atau kebiasaan yang di miliki oleh orang Maluku, yang mungkin tidak di miliki oleh suku lainnya di Indonesia. Di bawah ini di bahas beberapa ciri-ciri dan kebiasaan orang Maluku. Mari kita simak.

 dan sudah niscaya mempunyai bermacam kebudayaan Kebiasaan Orang Maluku, Adat Istiadat Dan Ciri Cirinya

1. Senyum Orang Maluku Yang Terkenal Itu

Orang Maluku di kenal sebagai orang yang murah senyum, itu merupakan ciri khas yang sudah turun temurun hingga ketika ini. Bagi sebagian orang yang tidak mengenal sifat orisinil dari orang Maluku mungkin beranggapan mereka terkesan garang, lantaran tampangnya. Padahal jikalau sudah tersenyum, manisss eeeee....

Mungkin jikalau kalian yang mempunyai mitra orang Maluku, dan memang sudah bersahabat niscaya mengetahui akan hal ini.

2. Tubuh Orang Maluku Yang Atletis

Jika kalian perhatikan, orang Maluku gotong royong mempunyai ciri khas di tubuhnya, rata-rata orang Maluku mempunyai kulit aga gelap, rambutnya yang ikal, postur badan yang gagah tegap serta atletis apabila di bandingkan dengan suku-suku lain di Indonesia.

 dan sudah niscaya mempunyai bermacam kebudayaan Kebiasaan Orang Maluku, Adat Istiadat Dan Ciri Cirinya

Sebenarnya hal ini bukan lantaran tidak ada sebabnya, di yakini orang Maluku mempunyai perawakan atletis dan gagah, di karenakan acara fisik sehari-hari mereka jalankan layaknya berolah raga, menyerupai berenang, berlayar, berkebun dan yang lainnya. Sudah menjadi kegiatan sehari-hari mereka. Maluku juga di kelilingi oleh lautan, yang provinsinya mempunyai luas lautan lebih besar dari daratannya.

3. Bersuara Nyaring Meski Saat Ngobrol

Jika kalian pernah mendengar orang-orang Maluku mengobrol, mungkin untuk orang yang belum tahu, mereka kira itu bukan ngobrol melainkan sedang marah-marah, lantaran suaranya yang lantang, dan mungkin lantaran logatnya yang memang menyerupai itu. Padahal mereka sedang ngobrol biasa saja.

Yah,,, mungkin lantaran volume ngobrol mereka lebih keras di banding volume ngobrol orang biasanya.

4. Tidak Mengenal Kata Takut

Kalian niscaya tahu yang satu ini, orang Maluku di kenal sangat pemberani, tidak mengenal mau ia sendirian ataupun sedang bergerombol. Jika ia tahu yang di belanya yaitu kebenaran, maka ia akan membelanya hingga titik darah penghabisan, walau nyawa taruhannya.

5. Praktis Sayang Dengan Orang Lain

Sifat orang maluku yang sangat kekeluargaan, menjadi idealisme tersendiri bagi orang Maluku. Merka akan gampang sayang kepada orang jikalau memang mereka merasa orang itu sudah bersahabat dengan mereka, terlepas dari hubungan persaudaraan, pertemanan, maupun percintaan.

 dan sudah niscaya mempunyai bermacam kebudayaan Kebiasaan Orang Maluku, Adat Istiadat Dan Ciri Cirinya

6. Sabar Meski Punya Batasan

Jika kalian perhatikan, orang Maluku mempunyai cukup kesabaran, dan memang cukup berlaku adil. Mereka akan menunjukkan kesempatan kepada orang yang memang melaksanakan kesalahan kepada mereka, dan tidak cukup satu kali mereka memaafkan, mereka akan menunjukkan kesempatan kedua bagi mereka yang melaksanakan kesalahan, tapi hati-hati bagi mereka yang melaksanakan kesalahan hingga tiga kali kepada orang Maluku, mereka niscaya akan menunjukkan teguran yang keras kepada kalian. Dan jangan harap ada lagi kata maaf untuk yang melaksanakan kesalahan berulang hingga tiga kali.

7. Mempunyai Solidaritas Yang Tinggi

Orang Maluku juga populer dengan rasa solidaritasnya yang tinggi, terhadap orang Maluku khususnya maupun terhadap orang yang sudah mereka anggap teman. Mereka tidak segan untuk membantu, memang menguntungkan mempunyai sahabat orang maluku. Jika ia merasa kita sudah dekat, mereka akan perlakukan kita layaknya saudaranya sendiri.

8. Gemar Dengan Humor, Bercerita Lucu

Orang maluku yaitu orang yang dengan gampang akan menciptakan orang lain tertawa lantaran mereka gotong royong sangat gemar melucu. Orang yang mempunyai sahabat orang Maluku niscaya sudah pernah mendengar dagelan lawakan khas orang Maluku yang memang lucu, apalagi jikalau di ceritakan dengan logat mereka yang khas. Orang-orang Maluku juga yaitu orang yang memang gampang tertawa, meski yang di dengar ataupun di lihat tidaklah begitu lucu.

9. Sudah Pasti Jago Dalam Bernyanyi

Jika kalian mempunyai mitra orang Maluku, coba kalian perhatikan yang satu ini. Rata rata orang Maluku memang akil dalam bernyanyi, dan mempunyai bunyi yang bagus. Meskipun rata-rata mereka hanya berguru olah vokal otodidak.

Sebenarnya ini yaitu potensi tersendiri dari orang-orang Maluku, tinggal ada orang yang mau mengajarnya lagi sehingga teknik-teknik bernyanyi sanggup di kuasainya, saya yakin akan banyak penyanyi-penyanyi berbakat yang akan muncul dari Maluku ini.

Ini sanggup saja terjadi jikalau Pemerintah Daerah setempat mempersiapkan programnya untuk hal ini. Dan sanggup menjadi hal yang luar biasa jikalau sanggup berjalan dan menghasilkan bibit penyanyi Indonesia yang berkualitas.

Di bawah ini budaya maluku yang masih terjaga hingga ketika ini, lantaran masyarakatnya yang tetap peduli dan memelihara budaya dan budpekerti istiadat setempat, sehingga tidak punah di telan zaman.

Budaya Kalwedo

Maluku mempunyai banyak sekali budaya, salah satunya yaitu budaya Kalwedo. Kalwedo merupakan bukti sah, masyarakat budpekerti di Maluku Barat Daya (MBD). Kalwedo mengakar dalam budaya kehidupan dan bahasa masyarakat budpekerti kepulauan Babar dan MBD.

Dan Nilai Kalwedo sendiri di terapkan dalam sapaan budpekerti yaitu: inanara ama yali (saudara wanita dan laki-laki).

Budaya Hawear

Sasi (Hawear) di Kepulauan Kei merupakan budaya yang tumbuh bersama masyarakat kepulauan Kei secara turun menurun hingga sekarang.

Itulah beberapa sifat, huruf dan kebiasaan dari orang Maluku. Memang cukup berbeda dengan suku lainnya. Tetapi itulah yang mengakibatkan kita indonesia kaya raya akan budaya. Pelihara terus budaya Indonesia, majulah Indonesiaku, tanah air beta. Semoga ulasan ini sanggup bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.












Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel